Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Materi Safety Talk Mengenai Dilarang Meletakkan Bahan Kimia di Area Makanan

safetytalk-nindya


Materi safety talk tentang di larangnya meletakkan bahan - bahan kimia di area makanan merupakan salah satu materi yang bisa di sampaikan di lokasi kerja yang berhubungan dengan food and beverages. Di industri catering, materi - materi toolbox meeting seperti ini menjadi salah satu yang bisa di angkat untuk bisa di sampaikan sebelum pekerjaan di mulai (baca juga: Kumpulan Bahan Safety Talk Harian).

Bahan - bahan kimia yang di gunakan di industri catering memang cukup berbeda dengan bahan - bahan kimia yang di gunakan untuk kegiatan konstruksi, pengeboran, pertambangan dan tekstil. Bahan kimia ini cenderung di anggap sepele, namun menjadi perhatian ketika telah terjadi kecelakaan kerja akibat terminum dan terkena kulit.

Berikut bahan - bahan kimia yang biasa di gunakan di industri catering :

1. Sabun cuci tangan
2. Sabun cuci piring
3. Detergen
4. Pembersih lantai
5. Pembersih kaca
6. Kapur barus
7. Pengharum ruangan
8. Lem serangga

Bahan - bahan kimia di atas, dapat masuk ke dalam tubuh manusia baik secara tidak sengaja seperti bisa saja terhirup, terminum, tertelan dan terkena kulit. Apabila seseorang mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung bahan kimia, maka akan dapat mengubah sifat asli makanan tersebut. 

Akibat yang di timbulkan yaitu berupa gangguan kesehatan seperti keracunan dan munculnya penyakit pada sistem organ tubuh (pencernaan, peredaran darah, sekresi, dan lain - lain).
Adapun beberapa hal yang perlu kita lakukan agar makanan tidak tercemar oleh bahan - bahan kimia, sebagai berikut :

1. Tidak Membawa Bahan Kimia Ke Dalam Dapur

Bahan kimia yang umumnya di gunakan untuk membersihkan ruangan dan toilet, sebaiknya tidak di letakkan bersampingan di dalam dapur. Gunakan tempat atau ruangan khusus untuk menyimpan bahan - bahan kimia tersebut jika memang di perlukan untuk kebersihan dapur.

2. Tidak Meletakkan Bahan Kimia di Dekat Minuman dan Makanan

Hal ini di larang karena rasa dan aroma makanan maupun minuman akan berubah apabila berdekatan dengan bahan kimia. Cita rasa yang sebelumnya sudah cocok di lidah, akan berubah cenderung mendekati rasa bahan kimia tersebut.

3. Mencuci Tangan Sebelum dan Setelah Menggunakan Bahan Kimia

Mencuci tangan seharusnya menjadi suatu keharusan dan kebiasaan untuk semua petugas yang bekerja di sebuah perusahaan catering. Jika suatu saat terjadi keracunan makanan, maka pekerja anda bisa di salahkan karena sembrono.

4. Membuat Safety Sign

Safety sign perlu di buatkan untuk memisahkan antara area makanan dan area bukan makanan, guna mencegah adanya kontaminasi silang.

5. Safety Talk atau Toolbox Meeting

Kamu juga perlu mengingatkan semua pekerja untuk tidak menganggap remeh hal - hal yang seperti ini. Terkadang apa yang kita sepelekan menjadi bumerang tersendiri untuk kita dan orang lain (baca juga: Materi Safety Talk tentang Bahaya Dehidrasi).

Kamu sebagai seorang HSE, berlakulah tegas kepada pekerjamu. Karena yang kamu layani bukanlah hanya satu dua orang saja. Makanan merupakan hal yang paling vital dan sangat critical untuk di remehkan. Jika terdapat satu saja kesalahan, maka namamu yang akan menjadi taruhannya.

Terima kasih telah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat. Wassalamu'alaykum... 
Sandiok
Sandiok QHSE Officer PT. Nindya Karya | D3 Fire and Safety of Balongan Oil and Gas Academy

Posting Komentar untuk "Materi Safety Talk Mengenai Dilarang Meletakkan Bahan Kimia di Area Makanan"