Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Materi Safety Talk Mengenai Personal Hygiene

safetytalk-nindyakarya
Di industri catering dan house keeping, sangat penting untuk mengadakan safety talk atau toolbox meeting di pagi hari sebelum pekerjaan di mulai. Materi atau bahan yang di sampaikan ada berbagai macam sesuai dengan HSE Plan yang telah di buat dan di legalkan (baca juga: kumpulan Safety Morning Talk). 

Salah satu materi safety talk yang bisa kamu sampaikan ialah mengenai personal hygiene. Lalu, kenapa harus personal hygienePersonal hygiene sangat penting untuk pekerja yang bekerja di industri dan house keeping. Personal hygiene membuktikan seberapa siap pekerja tersebut melakukan pekerjaannya di hari itu. 

Personal hygiene juga menandakan bahwa pekerja telah mematuhi peraturan perusahaan yang telah di buat. Untuk industri catering, macam - macam personal hygiene bisa sebagai berikut :

1. Kebersihan dan kerapihan seragam
2. Kelengkapan Alat pelindung diri
3. Kebersihan anggota tubuh yang akan di gunakan untuk mengolah makanan
4. Memelihara dan merawat anggota tubuh tertentu agar selalu bersih dan rapih sesuai aturan yang berlaku.

Perlu kamu ketahui bahwa pekerja catering, terutama yang bekerja di area dapur, laki - laki akan di wajibkan untuk memotong pendek rambut, tidak memelihara kumis dan jenggot. Mengapa seperti itu? Hal ini di sebabkan oleh kekhawatiran akan jatuhnya helaian rambut, kumis atau jenggot ke dalam makanan.

Adapun alat pelindung diri yang di gunakan untuk pekerja di area dapur sebagai berikut :

1. Topi koki
2. Penutup kepala
3. Masker
4. Sarung tangan plastik
5. Seragam kerja koki
6. Sepatu keselamatan
7. Apron

Masing - masing dari APD ini sebaiknya di gunakan secara terus menerus dan di monitoring oleh supervisor atau yang berwenang seperti safety man nya.

Selain yang telah di sebutkan di atas, personal hygiene juga tak luput dari pemeriksaan kesehatan oleh tim medic. Biasanya tidak akan di bolehkan bekerja apabila pekerja menderita penyakit - penyakit yang dapat menular melalui tangan, seperti flu, diare atau penyakit kulit.

Personal hygiene juga termasuk di dalamnya kebiasaan diri untuk selalu mencuci tangan. Seperti yang kita ketahui, bahwa tangan membawa jutaan bakteri yang dapat berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Jadi, biasakan mencuci tangan sebelum dan setelah melakukan pekerjaan (baca juga: Materi Safety Talk tentang Penempatan Bahan Kimia)

Sekian materi safety talk atau toolbox meeting mengenai pentingnya personal hygiene di area kerja. Terima kasih telah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat. Wassalamu'alaykum...
Sandiok
Sandiok QHSE Officer PT. Nindya Karya | D3 Fire and Safety of Balongan Oil and Gas Academy

Posting Komentar untuk "Materi Safety Talk Mengenai Personal Hygiene"