Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Contoh Pendahuluan Untuk Proposal Tugas Akhir Judul Gas Lift

Pada umumnya setelah sumur di produksi untuk jangka waktu tertentu tekanan formasi akan menurun.  Karena adanya produksi pada akhirnya tekanan formasi tidak mampu lagi mengangkat fluida ke permukaan. Hal ini akan menyebabkan produksi menurun atau bahkan menyebabkan sumur mati.



Untuk mengatasi keadaan ini sumur masih dapat di produksikan dengan sebuah metode pengangkatan buatan yang sering di sebut artificial lift system. Artificial lift adalah suatu metode pengangkatan fluida yang ada di dalam sumur dengan cara mengintroduksi tenaga tambahan ke dalam sumur apabila tenaga alami reservoir tidak mampu lagi mendorong fluida ke permukaan atau untuk maksud - maksud peningkatan produksi.

Dalam memproduksi fluida reservoir secara optimal dengan menggunakan artificial lift system harus di perhitungkan besarnya kemampuan produktivitas sumur tersebut. Sampai saat ini ada beberapa cara pengangkatan buatan, namun yang umum di lakukan ada dua maca, yaitu pengangkatan buatan dengan menggunakan pompa dan pengangkatan buatan dengan menggunakan gas lift.

Ada beberapa hal yang harus di perhatikan dalam pemilihan metode artificial lift dalam proses produksi minyak, yaitu :

a. Produktivitas Sumur

Menurut Kermit E. Brown, untuk produktivitas sumur yang lebih besar dari 20.000 bbl/day dapat menggunakan metode gas lift dan electrical submersible pump. Untuk produktivitas sumur antara 2.000-10.000 bbl/day dapat menggunakan gas lift, ESP dan hydraulic pump. Sedangkan untuk produktivitas sumur yang kurang dari 100 bbl/day maka penggunaan semua metode artificial lift dapat di terapkan, kecuali ESP.

Baca juga Contoh Bab I Pendahuluan Untuk Laporan Praktikum Uji Lab Lumpur

b. Tekanan Reservoir

Continuous gas lift tidak tepat jika di gunakan pada sumur dengan liquid load di bawah 1/3 hari kedalaman sumur, karena gas yang di perlukan cukup besar.

c. Kedalaman Sumur

Penelitin metode artificial lift pada suatu sumur juga tergantung pada kedalaman sumur tersebut, di antaranya :
- Untuk kedalaman sumur lebih dari 12.000 ft hanya dapat menggunakan hydraulic pump.
- Untuk kedalaman sumur antara 10.000 - 20.000 ft dapat di gunakan semua metode kecuali ESP, karena ESP memiliki keterbatasan dalam temperatur.
- Untuk kedalaman sumur kurang dari 8.000 ft dapat menggunakan semua metode artifical lift.

Sandiok
Sandiok QHSE Officer PT. Nindya Karya | D3 Fire and Safety of Balongan Oil and Gas Academy

Posting Komentar untuk "Contoh Pendahuluan Untuk Proposal Tugas Akhir Judul Gas Lift"