Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

7 Tips Menjaga Kelelahan Mata Saat Bekerja

cowo ganteng
Apabila kalian pernah mengalami gatel atau sakit pada mata, alangkah baiknya jangan dikucek menggunakan tangan karena hal tersebut dapat membuat sakit pada mata semakin memarah. Langkah yang harus dilakukan adalah membiarkannya atau cuci menggunakan air yang mengalir. Lalu bagaimanakan menjaga kelelahan mata saat bekerja?

Apakah Anda pernah melakukan menggosok mata dengan tangan anda, berkedip berulang kali dan melihat jauh dari layar komputer? Anda mungkin mengalami kelelahan mata. American Osteopathic Association mencatat bahwa saat semakin banyak pekerja menatap layar komputer dan memantau sepanjang hari, efek samping dari kelelahan mata, penglihatan kabur, sakit kepala, mata kering dan sering berkedip menjadi umum terjadi.

Bagi kebanyakan orang, kelelahan mata akibat memfokuskan terlalu pada layar dan tidak berkedip cukup, Untuk membantu meringankan kelelahan mata, cobalah untuk berkedip lebih banyak atau menggunakan air mata buatan. Tips lain yang disarankan untuk mencegah kelelahan mata antara lain:

1. Pastikan ruang kerja Anda memiliki penerangan yang baik. Ini bisa berarti menutup tirai untuk mencegah silau dan menghindari lampu neon.
Apabila ruangan terlihat sangat mengganggu untuk penglihatan kalian alangkah baiknya diperbaharui lampu yang tersedia. Karena apabila hal tersebut dibiarkan terlalu lama bisa menimbulkan keluhan lain yang mungkin terjadi pada mata kalian.

2. Untuk membantu mengurangi silau, letakkan layar anti-silau pada monitor Anda dan cat dinding warna gelap.
Nyalakan layar antiradiasi atau anti silau yang ada dalam menu pada komputer atau laptop kalian, serta lakukanlah pengecatan terhadap dinding dilokasi anda bekerja

3. Istirahat biasa (setiap beberapa jam selama lima menit) agar mata Anda rileks.
Pada saat bekerja apabila anda merasakan lelah sebaiknya istriahatkan terlebih dahulu dan jangan dipaksakan agar kesehatan mata anda tetap terjaga pada setiap aktifitas pekerjaan, lalu saran kami jangan terlalu diporsir segala aktifitas yang membuat mata anda lelah.

4. Posisikan monitor Anda 20 sampai 26 inci dari mata Anda.
Sebaiknya saat kalian menggunakan komputer atau laptop untuk bekerja usahakan jarak antara mata dengan layar berkisar 20 sampai 26 inchi agar mata kalian tidak merasakan sakit saat terlalu dekat dengan layar.

5. Tanyakan pada penyedia perawatan mata Anda tentang perangkat yang mungkin bisa membantu, seperti lensa anti-reflektif atau lensa bifokal.
Untuk solusi selanjutnya agar periksa ke dokter terdekat untuk keluhan yang kalian rasakan untuk memastikan kesehatan pada mata apakah ada gejala lain yang berdampak untuk jangka panjang mata agar kesehatannya tetap terjaga.

6. Jika ukuran teks pada monitor Anda terlalu kecil, sesuaikan hingga cukup besar untuk dibaca dengan nyaman.
Lakukan penyesuaian pada monitor kalian mengenai besar dan kecilnya ukuran font agar dari hal kecilpun kita memperhatikan sedemikian mungkin. Kesehatan mata memang harus diperhatikan supaya kedepannya mata kita selalu sehat dan terjaga.

7. Jika Anda lebih muda dari 40 tahun, cobalah untuk menemui dokter mata setidaknya setiap tahun.
Nah untuk kalian yang sayang dengan mata agar kesehatannya tetap terjaga alangkah baiknya tetap berkonsultasi setiap ada waktu agar kita tau apa saja kendala yang dirasakan dan penyebab apa saja yang mungkin timbul pada mata
8. Lakukan tips menjaga kesehatan dalam bekerja yang dapat anda lihat pada artikel tersebut.

Demikianlah artikel mengenai 7 Tips Menjaga Kelelahan Mata Saat Bekerja, tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahan karena terbatasnya pengetahuan, referensi dan rujukan yang kami peroleh. Kami berharap agar pembaca sekalian memberikan kritik dan masukannya di kolom komentar untuk membangun kami kedepannya menjadi yang lebih baik lagi. Semoga artikel ini bermanfaat, wassalamualaykum warahmatullahi wabarakatu.
Sandiok
Sandiok QHSE Officer PT. Nindya Karya | D3 Fire and Safety of Balongan Oil and Gas Academy

Posting Komentar untuk "7 Tips Menjaga Kelelahan Mata Saat Bekerja"