Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Laporan Magang K3 Pencegahan Kebakaran




PENCEGAHAN KEBAKARAN
DI PT. BRIDGESTONE TIRE INDONESIA
BEKASI PLANT
logo-akamigas-balongan
oleh :
Fahmi Muhamad (08020006)
Prabowo Eko Sulistyo (08020011)
Dewi Fatimah (08020023)

AKADEMI MINYAK DAN GAS BALONGAN INDRAMAYU
PROGRAM STUDI FIRE AND SAFETY
INDRAMAYU
2010


LATAR BELAKANG
Hampir semua tempat kerja mengandung unsur bahaya kebakaran, salah satunya pada bangunan gedung yaitu konstruksi bangunan yang diletakan secara tetap dalam suatu lingkungan, di atas tanah atau perairan, ataupun di bawah perairan atau tanah, tempat manusia melakukan kegiatannya, baik untuk tempat tinggal, berusaha, maupun kegiatan sosial dan budaya. Maka dari itu perusahaan harus menerapkan SMK3 dengan baik dan sesuai PP 50 tahun 2012. Sedangkan mengenai klasifikasi bangunan gedung sesuai dengan keputusan menteri PU no. 441/KPTS/1998 tentang persyaratan teknis bangunan gedung dan lingkungan. Bangunan dapat berupa gedung perkantoran, pusat perbelanjaan dan perdagangan, pusat pendidikan, hotel, rumah sakit, perpustakaan, perusahaan, dan sebagainya.

Semua bangunan-bangunan tersebut tentunya harus memiliki sistem proteksi khusus jika terjadinya kebakaran, walaupun tidak dikehendaki, peristiwa kebakaran masih sering terjadi, maka dibutuhkan perencanaan yang sangat matang untuk menentukan kontruksi bangunan, material yang digunakan serta sistem otomatis ataupun manual yang digunakan saat keadaan darurat jika terjadi kebakaran. Hal tersebut tentu sangatlah penting demi pencegahan bahaya kebakaran yang dapat menimbulkan kerugian baik jiwa maupun finansial.

Keadaan darurat seperti kebakaran dapat terjadi kapan dan dimana saja untuk itu diperlukan antisipasi dari segala pihak yang berada di lokasi tersebut. Untuk itu pihak P2K3 PT Bridgestone Tire Indonesia menyiapkan beberapa alat yang digunakan jika terjadi kebakaran, seperti menyiapkan hydrant dan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) di tempat yang strategis.


KATA PENGANTAR
Segala puji bagi Allah SWT yang mengatur segala alam dan mencurahkan segala rahmat-Nya untuk semua makhluk-Nya. Atas hidayah dan inayah-Nya pula Penulis dapat menyusun laporan praktek kerja lapangan ini mengenai penanggulangan kebakaran.

Terima kasih penulis ucapkan kepada:
1. Ibu Ir. Hj. Hanifah Handayani, selaku direktur Akamigas Balongan.
2. Bapak Rahmaddy Sutopo, selaku pembimbing praktek kerja lapangan di PT. Bridgestone Tire Indonesia.
3. Seluruh staff SHE PT. Bridgestone Tire Indonesia Bekasi Plant yang telah membantu penulis dalam mengumpulkan data.
4. Orang Tua kami yang selalu mendukung penulis tanpa batas.
5. Rekan-rekan seluruh pihak yang membantu memberi masukkan dan semangatnya dalam pembuatan laporan ini.
6. Dan kepada seluruh pihak yang terkait di PT. Bridgestone Tire Indonesia Bekasi Plant.

Dan juga semua pihak yang telah membantu jadinya laporan ini. mohon maaf apabila ada kesalahan dalam pembuatan makalah ini, karena masih dalam tahap pembelajaran, dan mohon bantuan kritik dan sarannya dari pembaca.
Semoga hasil makalah ini bemanfaat dan Allah SWT melimpahkan karunianya-Nya kepada kita semua, Amin.

DOWNLOAD LAPORAN MAGANG PENCEGAHAN KEBAKARAN FULL:
  • COVER
  • KATA PENGANTAR & DAFTAR ISI
  • BAB I - V
Sandiok
Sandiok QHSE Officer PT. Nindya Karya | D3 Fire and Safety of Balongan Oil and Gas Academy

Posting Komentar untuk "Laporan Magang K3 Pencegahan Kebakaran"